Importir adalah orang atau instansi perantara dagang yang mendatangkan barang berasal dari luar negeri. Barang yang diimpor selanjutnya mampu digunakan sebagai produksi atau untuk target konsumsi. Pengertian lain Importir yaitu orang atau instansi yang jalankan kegiatan Impor.

blueraycargo.id

Kegiatan impor sendiri pasti saja memiliki pengaruh positif maupun pengaruh negatif untuk perekonomian Indonesia. Salah satu pengaruh positifnya adalah tambah berkembangnya jasa importir di Indonesia yang nantinya terhitung akan membantu proses masuknya barang berasal dari luar negeri jadi lebih lancar dan juga praktis.

Contoh-contoh Importir

Approved-Traders

Approved-Traders merupakan pengusaha impor biasa yang secara khusus diistimewakan oleh pemerintah di dalam hal ini Departemen Perdagangan untuk mengimpor komoditi khusus untuk target khusus pula yang dipandang kudu oleh pemerintah.

Import-Merchant

Import Merchant adalah badan bisnis yang diberikan izin oleh pemerintah di dalam wujud Tanda Pengenal Pengakuan Impor (TAPPI) untuk mengimpor barang-barang yang bersifat khusus yang disebutkan di dalam izin tersebut, dan tidak berlaku untuk barang lain tak sekedar yang sudah diizinkan.

Importir Umum

Importir Umum adalah perusahaan impor yang khusus mengimpor aneka macam barang dagang, perusahaan yang kebanyakan beroleh standing sebagai importir lazim ini kebanyakan cuman Persero Niaga yang kerap disebut bersama Trading House atau Wisma Dagang yang mampu mengimpor barang-barang menjadi berasal dari barang kelontong sampai instalasi lengkap suatu pabrik.

Sole Agent Importer

Sole Agent Importer adalah perusahaan asing yang berminat memasarkan barang di Indonesia, lantas mengangkat perusahaan setempat sebagai Kantor Perwakilannya atau menunjuk suatu Agen Tunggal yang akan mengimpor hasil produksinya di Indonesia.

Importir Terbatas

Guna memudahkan perusahaan-perusahaan yang didirikan di dalam rangka UU PMA/PMDN, maka pemerintah sudah berikan izin khusus terhadap perusahaan PMA dan PMDN untuk mengimpor mesin-mesin dan bahan baku yang diperlukannya sendiri (tidak diperdagangkan). Izin yang diberikan di dalam wujud API-T (Angka Pengenal Importir Terbatas), yang dikeluarkan oleh BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) atas nama Menteri Perdagangan.