Kipas angin merupakan salah satu jenis barang elektronik yang cukup terjangkau untuk mendinginkan ruangan. Namun, kadang kala ada waktu tertentu dimana kipas angin yang Anda miliki tersebut tiba-tiba mengeluarkan bunyi dengung yang cukup mengganggu, bahkan kadang bisa membuat kipas menjadi mati atau tidak berputar. Lantas, bagaimana cara memperbaiki kipas angin yang tidak berputar?

Sebelum membahas tentang bagaimana mengatasi kipas angin yang tidak berputar, pahami dulu hal-hal apa saja yang menjadi penyebab masalah tersebut terjadi. lihat juga: markasgamers.info

  • Bearing atau bushing pada kipas sudah aus, dan
  • As motor kipas angin menempel pada statornya.

Cara Memperbaiki Kipas Angin yang Tidak Berputar

  1. Bongkar Kerangka dari Kipas Angin

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membongkar bagian luar dari baling-baling kipas anginnya tersebut. Kemudian, lepaskan semua baut yang mengunci kerangka dinamo kipas angin dengan sangat hati-hati.

Hal ini bertujuan untuk menjaga agar tidak ada kabel yang terputus. Karena, jika ada salah satu kabel yang putus, maka tentu akan menambah list perbaikan yang harus Anda lakukan.

  1. Cek Pada Bagian Tutup Dinamo

Cara memeperbaiki kipas angin tidak berputar selanjutnya adalah dengan membuka bagian penutup pada motor dinamonya. Barulah setelah itu buka masing-masing baut yang masih terkait.

Kemudian, dengan perlahan keluarkan bagian statornya atau plate yang terdapat gulungan (spul) sekaligus dengan as motor dari kipas angin tersebut juga. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar gulungan atau spul tidak terputus. Karena jika hal ini sampai terjadi, maka akibatnya bisa fatal.

Dimana kipas angin yang Anda miliki dan sedang diperbaiki tersebut bisa tidak menyala dan mati. Oleh karenanya, lakukan semua cara diatas dengan sangat hati-hati.

  1. Temukan Bagian Bearing atau Bushing Kipas Angin

Cara selanjutnya adalah cek bagian motor dinamonya, apakah ada aus pada bagian bearing atau bushing kipas anginnya. Caranya adalah dengan memasukkan as motor ke bagian besring atau bushing kipas angin tersebut, lalu menggoyang-goyangkannya ke kanan maupun ke kiri.

Jika kondisinya longgar, maka itu artinya bearing atau bushing memang sudah aus. Untuk itu, lepaskan bagian bearing atau bushing tersebut, lalu ganti dengan yang baru.

  1. Bersihkan Kotoran

Cek juga apakah kipas angin Anda sedang dalam kondisi kotor. Jika ya, maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan lap kering atau kanebo basah. Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan debu yang menyangkut pada bagian mesin atau baling-baling kipas angin.

  1. Pasang Kembali

Setelah semua proses diatas dilakukan, maka Anda bisa mulai memberikan pelumas pada bagian mesin kipas anginnya. Setelah itu, pasang kembali semua seperti sedia kala.

Inilah beberapa cara memperbaiki kipas angin tidak berputar yang bisa Anda lakukan dirumah. Semoga dengan ini kipas angin Anda bisa kembali digunakan, ya!